Thursday, January 3, 2013

Laskar Bercula Satu yang Bisa Loncat-Loncat

“Berbagi waktu dengan alam, kau akan tau siapa dirimu yang sebenarnya”
Soe Hok Gie (1942-1969)

Kau tau, kita bisa lakukan apapun selama kita bermimpi. Bahkan ketika kaki krimu tak lagi bisa digunakan untuk bertumpu, atau sendi kakimu terkilir, kram pada betis, nyeri otot paha, dan sebagainya.. hari itu 15 pemimpi menaklukan gunung tertinggi dan terbesar di Jawa Tengah, Gunung Selamet (3428 mdpl). dan membuktikan bahwa kalimat awal paragraf ini adalah benar.

25 Desember 2012

Entah cuma perasaan gua atau emang ini hari yang hambar? Pagi yang hambar, kumpul di BNI yang hambar, angkot yang hambar, dan bis yang hambar.. ini hari pertemuan pertama bagi ke-15 anggota laskar, mungkin masih agak canggung atau semacamnya. Belum banyak tawa dan derita untuk dibagi bersama, hanya bertukar nama dan daerah asal. Waktu berlalu seperti biasa, jarak puluhan kilometer berlalu begitu saja, tidak ada rasa ataupun warna, hanya hambar.. hingga kelak Gunung Selamet meracik suatu rasa khas yang biasa disebut sebagai “persaudaraan”.

26 Desember 2012
Hari ini kita berangkat naek Gunung Selamet!! Secara ajaib keakraban mendadak terjalin diatas mobil kolbak (bahasa Garutnya mobil Pick up) dari rumah Gilang menuju kaki Gunung Selamet. Ngebanyol tanpa jeda, hanya berhenti setelah bingung mesti ngebahas apaan lagi. “Ckck.. kaya’nya gua bakal punya temen-temen aneh (lagi) dalam perjalanan kali ini” itu yang gua pikirin sambil menikmati wajah Banjarnegara – Purbalingga. Sementara para kutukupret sedang ngacoblak ga jelas, di sudut kolbak gua berusaha ga terlibat dan cuma menikmati pemandangan, bukannya anti sosial, tapi kesan pertama itu penting bro.. sebagai awalan gua harus terlihat dingin, ga banyak bicara, dan bikin penasaran (bkhwahwahwa...99x), tapi ga’ tau image tersebut berhasil terbentuk apa engga’.

Blablabla.. nyampe basecamp, registrasi selesai, lalu kita jalan di tanah Selamet !!.. lima menit pertama gerombolan ini masih ngacoblak ngaler ngidul, menit keenam nafas udah ga beraturan dan seketika semua senyap. Belum nyampe pos 1, kaki kanan si Ridwan terkilir, 1 jam setelah itu sendi pergelangan kakinya membengkak. gua tau persis gimana rasanya terkilir, saat bengkaknya membesar maka saat itu juga melangkah akan jadi aktifitas yang paling menyiksa. Tapi Ridwan ternyata bukan sekedar orang teraneh se-UGM, tapi juga figur yang kuat menjaga mimpi dan tekadnya, jika bukan karena itu maka cerita ini harusnya selesai sebelum sampai pos 1.

Pos 1 : Pondok Gembirung, dingin mulai menusuk, belum ada yang istimewa di pos ini, lebih tepatnya kita belum menemukan keistimewaan pos 1 hari ini, karena yang mengejutkan selalu ada di akhir. Target kami adalah menyelesaikan Selamet dalam 1 malam, jadi target hari ini adalah mencapai pos 7 agar keesokan harinya bisa menikmati sunrise dari puncak lalu turun gunung dan selesai.. 2 hari 1 malam, sungguh idealis.

Sejenak mari kita paparkan sedikit review: Gunung Selamet memiliki 6 jalur pendakian dari 5 Kabupaten, jalur yang kami pilih adalah Bambangan di Kabupaten Purbalingga, ini adalah jalur yang paling terkelola dengan baik, gua kurang faham siapa pihak pengelolanya, yang jelas bukan Balai Konservasi karena ini bukan taman nasional, kita melakukan pendaftaran pendakian di rumah seorang yang dikenal sebagai Bu Haji, tempat itu juga biasa jadi penginapan sehingga disebut base camp. Jalur bambangan memiliki 7 pos dan pada beberapa pos berdiri sebuah pondokan sederhana, sumber air bisa ditemukan di pos 2 (Pondok Walang) dan pos 5 (Samyang Rangkah). Rincian mengenai 6 jalur pendakian, 5 kabupaten, dan 7 pos-nya mening sampean cari literatur sendiri ye. Singkat cerita energi dan waktu kami habis di pos 5 (Samyang Rangkah) dan memutuskan mendirikan camp disana. Sampai sini sudah banyak hal-hal ajaib terjadi, seperti jawaban dari badak bercula satu yang bisa loncat2 adalah kangguru, lalu nama mbak Sur yang jadi kak Sur (baca: kasur), Arif jadi Ian Kasela, Leni jadi Dede, Acoy jadi Aa, dan gua jadi Lutfi, kalo malem jadi Talitha, agak sore Latifah, kalo habis magrib Aceng .. ?

27 Desember 2012

Berdasarkan literatur, perjalanan dari pos 5 (2806 m dpl) menuju puncak (3432 m dpl) membutuhkan waktu 3 jam, makanya kami harus  bangun jam 3 malem dan lanjutkan perjalanan supaya dapet sunrise di puncak. Jam tangan si Muaz dalam hal ini sangat banyak membantu, jaman sekarang ada jam tangan yang bisa mengukur air pressure yang kemudian dikonversi untuk memperoleh data ketinggian suatu tempat (dalam satuan m dpl), harganye 400 rebu, kaga’ ada di Bara, apalagi di Garut (Peace Mam..). Singkat cerita waktu kami habis di pos 7, dan gagal melihat sunrise dari puncak, matahari terbit saat gua ga menyadarinya, tiba-tiba udah siang aja. Eh, di pos 7 gua ketemu Cecen dkk, komplotan anak Fahutan 46, udah jauh-jauh minggat dari bogor eh ketemu Cecen lagi, sempit dunia teh ya.
Ga jauh dari pos 7 yang merupakan batas vegetasi, tajuk2 pohon tidak lagi menutupi pemandangan, dari sini Tripod dan DSLR-nya si Muaz sungguh bener2 sangat banyak membantu sekali banget. Ritme perjalanan berubah, mulai dari sini jalan 2 menit, foto-foto 20 menit, jalan lagi, foto lagi, dst. Bicara tentang batas vegetasi, itu artinya sedikit lagi di depan sana seluruh vegetasi akan sama sekali musnah. Ya, padang pasir. Setengah dari medan antara pos tujuh menuju puncak adalah padang pasir berbatu. Gunung Selamet adalah gunung api yang aktif, lapisan tanah di sekitar kawah sudah terangkat oleh letusan dan yang tersisa tinggal batu dan pasir yang berasal dari perut bumi akibat aktivitas vulkanik, seperti yang bisa kita temukan di gunung Papandayan dan Semeru. Medan pendakian seperti ini bener-bener menguras energi gan, tapi entah mengapa rasanya ada rindu dan sedikit nostalgia ketika melihat hamparan pasir dan tanjakan penyiksaan di hadapan gua. Ya sudah, gua minta izin buat jalan duluan di depan, kebetulan si Imam nantangin gua dulu-duluan nyampe ke atas, padahal di atas udah ada trio Temanggung yang sejak berangkat dari camp udah misah duluan. Tanjakan yang menyakitkan, kemarin otot paha dan betis gua udah keram berkali-kali dan menyisakan nyeri kalo dipake jalan selama berhari-hari ke depan (bahkan sampe saat tulisan ini dibuat). Tanjakan yang melelahkan, kemiringannya paling engga diatas 300 semua, dan konsentrasi oksigen di lingkungan ber-altitude 3000 mdpl udah menipis. Tanjakan yang mempesona, maaf untuk yang ini keindahannya sulit untuk gua tulis, bayangkan sebuah panorama yang membuat ototmu lupa untuk menegang dan keram, yang membuat tubuhmu lupa untuk menggigil, dan membuat paru-paru lupa untuk meminta istirahat. Sampai gua liat ke belakang dan sepertinya gua udah terlalu jauh ninggalin temen-temen gua di belakang, di depan gua juga si Imam lagi tiduran, kaya’nya enak, yaudah gua biarin punggung ini bersentuhan dengan pasir, dan saat itu juga pandangan gua seluruhnya mengarah ke langit, okeh merem dulu bentar.

Bangun-bangun, sekeliling gua udah tertutup kabut tebal semua, gimana ga kaget, ini kaya’ pindah ke dunia berikutnya (jeng jeng..) tapi di sebelah gua udah ada si kasur yang udah menyusul, sisanya masih cukup jauh di bawah, waktu itu udah sekitar jam tujuh atau setengah delapan, karena kerapatan uap air menurun akibat panas maka kabut bergerak ke atas menutupi puncak, kalo diliat dari jauh akan terlihat sebagai awan karena posisi saat ini udah diatas lapisan Stratosfer, lo tau rasanya berada di dalam awan? Apa kayak di kartun yang bisa di injek dan di loncat-loncatin? Ternyata rasanya biasa-biasa aja, malah kaya’ di filem horor.

Nah, akhirnya nyampe puncak, resmi sudah 3 dari seven summit yang ada di pulau Jawa selesai gua jelajahi, dan sekarang gua adalah orang tertinggi di Jawa Tengah. waktu itu kalo ga salah udah hampir jam sembilan, ga usah berharap sunrise lagi, kawah pun udah terlalu bahaya buat dikunjungi karena gas beracunnya udah keluar. Hmph.. di sela rasa bangga ini ada sedikit ketidakpuasan mengganjal, ada 2 PR dari ekspedisi Selamet ini, artinya suatu waktu nanti gua harus ke sini lagi.

Sebelum itu, “Laskar Bercula Satu yang Bisa Loncat2” hampir aja ga bisa menuntaskan perjalanan ini dengan sempurna, karena Ichi dan Leni memilih berhenti di tengah padang pasir dan ga melanjutkan langkah ke puncak karena terlalu lelah dan sakit, kabar itu datang dari si Acoy yang baru nyampe puncak, mendengar itu langsung si Imam ngambil air minum, susu, dan kopi, diseduh dalam botol besar lalu kembali menuruni tanjakan pasir untuk menyusul Leni dan Ichi. Urgensi disini bukan air, kopi, atau susu. Adakalanya semangat yang lo pupuk sejak awal serentak musnah sama sekali tersibak kabut dan pasir, tak perlu khawatir, karena lo ga sendiri, akan ada orang disamping lo, menepuk pundak lo, dan menyalurkan energi yang gua ga ngerti gimana penjelasannya, ini yang dimaksud urgensi sahabat perjalanan. Di sini sang kapten mengambil peran.

Okeh, sekarang semua anggota laskar udah berdiri di atap Jawa Tengah, mari sejenak kita nikmati rasa bangga dari capaian yang kita raih setelah mengalahkan semua rasa lelah dan sakit. Waktu itu kabut masih agak tebal, menjadi satu dari ribuan unsur yang membuat tempat ini terlihat cantik. Meski kawah sudah tidak aman untuk di kunjungi, tapi asap-asap kecil yang keluar memperkuat kesan dari bibir kawah yang ranum. Aneh, padahal yang kita lakukan hanya berdiri di atas tumpukan pasir, tapi bagaimana menjelaskan kegembiraan ini. Jadi, bagaimana cara kita merayakan kesuksesan ini? Sudah jelas, mari fungsikan DSLR-nya Mu’az.

Hari semakin siang, puncak semakin ga aman untuk didiami lebih lama lagi, dan kita putuskan untuk turun. Dalam kasus dan bagi orang-orang tertentu, turun tuh bisa jadi lebih berat daripada naek, tapi kemarin saat membuat planing pemahaman yang kita gunakan masih common sense, bahwa turun gunung ga bakal makan waktu lama. Asumsinya, sore atau malam ini kita udah nyampe ke rumah Gilang lagi, lalu besok pagi balik ke bogor. Dan..... kenyataan berkata, jam sebelas-an malem kita baru nyampe pos 2 (ini singkat cerita ya). Semua udah buener-bener cuape’, kaki udah sakit luar biadab, semua semangat udah larut dalam gelap malam dan tajuk hutan hujan tropis yang lebat. Kita istirahat agak lama di pos 2, si imam masak mie, yang laen molor, gua bantuin imam ngabisin mie (setelah molor), di pos ini kita juga diskusi tentang planing pulang, dan mengambil keputusan tetap pada rencana awal: menuntaskan Selamet dalam satu malam, karena udah males kalo harus ngediriin tenda lagi, mening jalan aja semampunya ampe base camp.

Malam itu rembulan hampir sepenuhnya menampilkan jati dirinya, tapi karna kabut juga sepenuhnya menutupi cahaya luar, maka yang sampai pada saat itu hanya kegelapan. Satu-persatu senter yang dibawa anggota laskar keabisan energi, ada yang bener-bener mati ada juga yang meredup, ada juga yang cuma pake senter korek. Kebetulan head lamp yang gua bawa ni ga ada matinya, jadi satu-satunya senter yang masih sehat saat itu, gua (seperti biasa) ditempatin di belakang buat ngasih cahaya ke temen-temen di depan. Sumpah, situasinya waktu itu gelap bener, hari sebelumnya kita naek dari pos 1 ke pos 2 cuma butuh waktu 2 jam-an, tapi malam itu kita udah turun lebih dari 3 jam dan belum ada tanda-tanda pos 1 di depan. Waktu berjalan sangat lamban daripada biasanya, langkah juga melamban karena gelap lelah dan sakit, entah butuh waktu berapa lama lagi untuk sampai pos 1, ga ada yang tau. Seharusnya pos 1 ga sejauh ini, atau mungkin kita salah jalan? Apa yang lo rasain ketika tersesat di tengah hutan malem-malem kedinginan dan tinggal nunggu waktu sampai seluruh senter abis batrenya? Widya terus-terusan nanya apa jalan ini bener, Kasur juga sempet dibuat ragu, menurut gua ga ada yang lebih bahaya dibanding kepanikan. Dalam situasi mental kaya gini, ga’ mungkin gua ceritain tentang apa yang gua baca dari buku, tentang mengapa pos 4 diberi nama “samaranthu” (hantu samar), dan tentang dua pohon yang beradu membentuk gerbang yang katanya adalah perbatasan antara dua dunia. Saat itu gua juga agak,, gimana ya, lo tau kan posisi gua paling belakang, saat semua fokus melangkah dalam kegelapan, suasana sama sekali hening tanpa suara, saat itu juga gua tiba-tiba denger derap langkah di belakang gua, dan kadang ada suara gesekan ilalang yang ga wajar seolah ada yang ngikutin kita dari belakang, gua juga ngerasa ada orang yang ngomong sesuatu jauh dari belakang gua tapi ga jelas apa yang disampein, suara-suara itu gua rasain sepanjang jalan, di momen yang sama saat kita ragu bahwa kita ada pada jalan yang bener menuju pos 1.

Widya nanya untuk yang terakhir kalinya “ini jalannya bener ga sih?” pertanyaan-pertanyaan yang sama sebelumnya ga gua jawab, tapi kali ini ga ada pilihan laen, gua harus jawab “bener qo wid, jarak dari pos 2 ke pos 1 emang panjang, jarak pos terpanjang di jalur Bambangan ya jarak pos ini, kalo kemaren pas berangkat kita kebetulan aja jalannya cepet, jadi dua jam nyampe, kalo sekarang kan susah, lagian ga mungkin ada trek salah, kecuali kita nerabas trek baru, kalo ngikutin trek yang udah terbuka mah pasti bener”. Itu jawaban paling so’ tau bahkan menurut gua sendiri, ga ada literatur yang menyatakan bahwa ini jarak antar pos yang terpanjang, bodo amat, yang penting menurut gua saat ini ga boleh ada yang punya fikiran mengarah pada kepanikan. Tentang suara-suara ga jelas di belakang gua, anggap aja ga ada, lagian palingan gua salah denger aja kan. Gua bakalan malu ama diri sendiri kalo sempet sedikit aja punya fikiran lemah, karena di hari sebelumnya, gua dengan sangat so’ keren berkata begini ama si Widya: “kalo bisa jalan sendiri mening ga usah dikit-dikit minta dibantuin wid, kalo cape ya istirahat, ga pake ngeluh, fungsi pendakian gunung kan ngelatih jiwa dan fikiran kita untuk jadi lebih kuat.” Saat itu Widya terdiam dengan mata berkaca-kaca, sambil menatap punggung gua yang perlahan menjauh berjalan di depannya, persis kaya’ di felem-felem (catatan: sebagian dari paragraf ini hanya fiktif belaka).

Dan.. inilah pos 1, waktu itu gua ga tau jam berapa, mungkin jam dua atau tiga-an lah. Sebenernya ngantuk banget, tapi kapten udah bilang kita harus nyampe basecamp malem ini, jadi gua berusaha untuk ga tidur. Tapi, dimana si kapten? Oia, gua belum cerita bahwa di pos 1 ada satu bangunan permanen agak gede yang biasa dibuat nge-camp, lumayan lah buat nganget dikit atau berlindung dari hujan, nah di bagian timur pondokan itu terbaringlah seorang kucluk yang selama ini memimpin perjalanan: si Imam molor. Wokeh, sudah diputuskan, tanpa banyak instruksi masing-masing anggota laskar ngeluarin matras dan sleeping bag, ga usah pake tenda, molor molor aja teserah lah..

28 Desember 2012

Lo pernah denger lagu tentang negeri di awan? Itu tempat dimana kedamaian menjadi istananya, nih gua punya tebak-tebakan, lobang apa yang sanggup membuat orang kesulitan menahan air mata bahagia? Jawabannya: lobang-un pagi-pagi langsung menghadap timur dari ketinggian 1993 mdpl di pos 1-nya  gunung Slamet. Ya, ini sun rise yang gagal gua liat kemaren, oranye redup itu selalu saja mempesona jika dilihat dari atas awan, ia akan membawa hangat dan lupa bahwa kau sedang menggigil, awan-awan tebal itu berusaha menyembunyikan sebagian kecantikan surya, tapi yang mereka lakukan justru menambah bukti kehebatan ciptaan-Nya dan menyelimuti siapapun yang butuh kelembutannya. Bonusnya, ternyata puncak gunung Sumbing dan Sindoro terlihat jelas dari sudut ini, hanya puncaknya saja, seakan gunung kembar itu berdiri di atas awan, ditambah arsitektur dari topografi Jawa Tengah yang belum pernah gua liat sebelumnya, lanskapnya bergelombang seolah mereka bukan daratan. Semua terlihat kecil, matahari, gunung SuSi (Sumbing Sindoro), sawah, rumah, Jawa Tengah, semuanya kecil. Gunung yang sejak kemarin membuat kita lelah ternyata hanya sebagian kecil dari kebesaran kuasa-Nya, lalu sekecil apa kita manusia ?

“Berbagi waktu dengan alam, kau akan tau siapa dirimu yang sebenarnya”
Soe Hok Gie (1942-1969)

1. nah gini dong,baru rajin nulis,, seminar oy seminar

2. gue keduluan latif buat nulis cerita ini :)

3. ahaha,,kebetulan moodnya lagi pengen nulis.
    ayo chi, ditunggu ceritanya

1. klo mau baca lanjutan cerita yg kemaren bisa mampir ke EPICENTRUM
      lagi kok bro,hehe..

4. wah seru juga nih yang pada ke slamet,,salam kenal masbro, sapa tau ntar bisa muncak bareng..:p
    kalau sempet mampir ke EPICENTRUM
    nambah temen blogger,hehe..:p

5. wah..smga bsa aja da kesmpatan mnginjakkan kaki di slamet..